Bicara Hasil






Wait, kenapa bisa hasilnya begini?

Begini gimana?

I did ! rasanya semua udah sesuai …..

Sesuai dengan?

Sesuai dengan yang diperintahkanNya

Aku ngga ngerti

Aku udah usaha, aku udah berdoa, aku sudah melakukan sesuai dengan ketentuanNya (menurutku), semua rasanya sudah kujalankan. Dan kalimat Dia sesuai dengan prasangka hambaNya, juga sudah kuterapkan. Optimis, udah. Usahaku masih kurangkah? I don’t know

Bisa jadi

Mungkin iya, memang kurang. Tapi rasanya ngga se-anjlog ini. Ini benar-benar diluar dugaan.

Sabar aja

Wait, apa karena salah metode?

Metode apa?

Aku kan biasanya tertutup, ngga bisa membeberkan segalanya. Bahkan, inget kan pas masih kuliah. Belajar aja diem-diem, tertutup. Ngga pengen orang lain tau bagaimana usahaku itu. Kalau ada yang tau, pasti ditutup-tutupin. Berasa biasa aja gitu.

Lalu?

Nah yang sekarang, aku tuh sering kepergok lagi ngeusahain sesuatu. Sampe curhat ke orang, bagaimana caranya biar dapet sesuai harapan. Trus saran-saran dari orang kuterrapin.

Emang dia saran apa?

Yaaa kaya misal, “minta doa ke orang lain, optimis, yakin, dll”

Trus

Nah sedang aku tipenya, minta doa tuh yaaa ke yang deket aja. Paling dulu itu cuma budhe, eyang, udah. Sekarang aku nerapin apa saran dia. Minta doa ke orang sholeh/ah. Itu kan sama aja dengan berkoar-koar ngga sih?

Gimana sih, ngga paham. Jadi apa yang diributin?

Huft, jadi gini. Dulu tuh rasanya apa yang kuinginkan bisa kudapatkan, bahkan lebih. Tapi usaha yang kulakukan selalu kusimpan sendiri. Keyakinanku juga ngga segede sekarang. Optimisku juga ngga gedee, bahkan malah yang condong pesimis, yaaa kaya… “aku bisa ngga ya, ini keknya serem banget, aku hanya butiran sagu. Yang lain pasti lebih hebat-hebat.” Tapi kalau yang sekarang ini aku disaranin buat optimis. Jadi rasanya… pede aja, yakin aja, optimislaahh. Ditambah usaha yang kulakukan ngga bisa ke keep sendiri, karena banyak yang mergokin, dan ketika kepergok, aku jawab jujur. Fine, orang-orang jadi tau.

Lagian kamu kenapa ngikutin saran dia?

Karena, itu pengalaman dia selama hidup seperti itu, dannnnn berhasil. Kuikuti lah jalan dan saran dia, selagi itu mendampak baik.

Wait, “berdampak baik” hasilnyaaa….?

Iyah

Tapi kan hal-hal yang biasa dikau lakuin juga mendapatkan hasil yang diharapkan, trus kenapa sekarang harus pindah haluan, dan mengikuti saran orang lain? Yang belum tentu sesuai dengan harapanmu.

Karena….. hemm kenapa ya? Aku kok jadi mikir gini.

Karena yang kamu inginkan adalah “pengen dapet, sesuai harapan, pengen dapet!” Hemm, kamu ngga ikhlas itu berarti.

Ngga ikhlas?

Iyaa, udah tawakal belom?

Udah, dan rasanya yang kali ini, tawakalnya lebih besar dibanding sebelumnya. Nah itu juga tuh yang bikin cukup nyesek, tawakalku gede, tapi hasil yang diperoleh anjlognya juga gede, ngga sesuai ekspektasilah. Kupikir hasilnya jelek, tapi ngga seanjlog ini. Ini parah sih, asli!

Yakin itu tawakal?

Hemm yakin.

Itu tawakal yang berharap.

Hah? Aku tawakal serius.

Tawakalmu gede, tapi pas liat hasilnya kaget. Itu namanya blm tawakal coy, tawakalmu itu masih mengharap sesuai. Atau bisa dibilang “aku mau tawakal ah, biar hasilnya bagus, biar bisa sesuai harapan.” Yangga? Coba cek lagi, tanya hatinya, bener ngga?

Hemmmm

Nah untuk usaha itu. Menurutku tiap orang beda-beda. Kalau kamu ngerasa usaha yang ditutupi lebih nenenangkan hati, kenapa harus diumbar? Kenapa harus pindah haluan sama kaya orang lain.

Heyy, aku ngga ngeumbar yaaa

Okee, ke-tidak-menutupi, atau apalah katamu tadi. Ngejawab jujur saat ketauan.

Iyaa

Karena feeling sama thinking itu bedaa. Feelingmu lemah, alias dirimu itu nggamau keliatan kalau sedang berusaha. Karena bisa jadi nantinya timbul penyakit hati. Misalnya , riya karena udah usaha. Sombong karena ngerasa udah berusaha padahal usahanya masih seujung kuku. Nah kalau ditutupin itu pasti kita sendiri yang ngerasaain, kita sendiri yang tau seberapa besar usaha kita. Jadi ngga ada yang bisa disombongin, dipamerin ke khalayak.

Tapi orang-orang itu……

Bedaaa, tiap orang punya personalitynya masing-masing. Kali aja orang-orang itu, orang yang kuat mentalnya, kuat feelingnya untuk jadi batu, ngga peduli omongan orang. Gethol aja gitu…..

Baik, jadi?

Jadi coba deh, muhasabah.

Tapi… yang bikin melegakan dibanding sebelumnya….. Ini lega banget sih. Aku ngga tau kenapa aku bisa selega ini.

Apa?

Lapang dada

Nah!

Teakhir yang kuminta waktu usahaku diwaktu detik-detik ditutup. Aku bilang “udah, sekarang tugasNya yang bekerja, terserah. Yang penting kasih aku lapang dada, ikhlas seikhlas-ikhlasnya menerima hasil”

Trus, kamu nyimpulin apa?

Ini materi bab belajar ikhlas, lapang dada di kuliah hidupku.

Yaaaa

Nah selain itu, usahaku (kurasa) selama ini sudah melibatkanNya, sedang hasilnya ternyata begini, yaaa mungkin memang Dia menginginkanku untuk berada di jalan ini. Dia pasti punya jalan dan rencana terbaik untuk umatNya yang selalu melibatkan Dia.  

Baik.

Itu sih yang kupahami hingga detik ini sekarang.

Alhamdulillaaaahhh

Legaaaa, Alhamdulillah J


Djakarta, 12112018
14.34 Hari Mendung

Comments

Popular posts from this blog

Ada, tentu ada!

Kenangan

Anak Panah